Tips Merawat Ban Kendaraan Yang Baik

25 Tips Merawat Ban KendaraanTips Merawat Ban Kendaraan, Ban, seperti komponen mobil lainnya, membutuhkan perawatan yang tepat agar dapat berfungsi dan bertahan sesuai desain. Ban Kalian sangat rentan terhadap keausan karena merupakan satu-satunya bagian kendaraan Kalian yang bersentuhan dengan jalan.

Perawatan ban yang tepat cukup sederhana. Pastikan Kalian memeriksa item-item ini dari daftar tugas perawatan ban Kalian untuk memaksimalkan masa pakainya. Baca juga : Keamanan dan Pemeliharaan Ban

Tips Merawat Ban Kendaraan

1. Rotasi Ban

Memutar ban secara teratur merupakan bagian penting dari perawatan ban. Selama rotasi, teknisi melepas setiap roda dan menempatkannya di lokasi yang berbeda pada kendaraan untuk memastikan keausan permukaan ban merata.

Sangat penting untuk mengikuti jadwal rotasi ban di manual pemilik Kalian. Sebagian besar Tips Merawat Ban Kendaraan harus mendapatkan rotasi ban setiap 5.000–7.000 mil atau setiap penggantian oli lainnya.

Seorang profesional ban yang berpengalaman harus memeriksa kondisi setiap ban selama rotasi. Menangkap dan memperbaiki penyebab keausan ban yang tidak merata sejak dini dapat mencegah ban Kalian cepat aus. Keausan ban yang dipercepat tidak hanya mahal, tetapi juga bisa berbahaya.

2. Tekanan Udara

Bagian penting lainnya dari perawatan ban adalah pemeriksaan tekanan udara bulanan. Untuk hasil yang paling akurat, gunakan pengukur tekanan ban yang baik untuk memeriksa tekanan udara di pagi hari sebelum Kalian mengemudikan kendaraan. (Kalian dapat menemukan tekanan ban yang direkomendasikan kendaraan Kalian di manual pemilik Kalian atau pada stiker yang biasanya dipasang di pintu sisi pengemudi.)

Ban yang kurang angin mengurangi efisiensi bahan bakar kendaraan Kalian, mengurangi masa pakai ban Kalian, dan menimbulkan risiko ledakan yang berbahaya. Untungnya, semua kendaraan yang dibuat sejak tahun 2007 dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Jika kendaraan Kalian dilengkapi dengan TPMS, pastikan fasilitas servis reguler Kalian memiliki pelatihan dan peralatan untuk menyervisnya dengan benar.

3. Kedalaman permukaan

permukaan ban Kalian memungkinkan kendaraan Kalian mencengkeram jalan dan mempertahankan kendali. Jika lekukan di ban sudah aus, kendaraan Kalian tidak akan mencengkeram jalan secara efektif. Untuk menguji permukaan ban Kalian, gunakan “Quarter Test”:

Temukan area pada ban Kalian dengan permukaan terendah.
Ambil seperempat dan masukkan, kepala lebih dulu, ke dalam permukaan ban.
Jika Kalian dapat melihat seluruh kepala George Washington, permukaan ban Kalian berada pada atau di bawah 4/32” dan perlu segera diganti.

4. Ban Kempes

Bahkan dengan perawatan yang baik, ban kempes terjadi. Pengemudi perlu tahu bahwa hanya ada satu cara untuk memperbaiki ban kempes dengan benar. Ban yang tidak diperbaiki dengan benar dapat menyebabkan ledakan, kecelakaan serius, dan cedera fatal.

Di masa lalu, banyak penyedia perawatan mobil memperbaiki ban dengan tali atau busi berbahan dasar kain. Yang mengkhawatirkan, beberapa masih melakukannya hari ini. Memasang ban hanya membutuhkan biaya $10-$15 dan membutuhkan waktu 10 menit. Ini mungkin tampak hebat bagi pemilik mobil yang ingin menghemat waktu atau uang. Tetapi jika konsumen mengetahui risiko yang terlibat, sebagian besar akan melihat bahwa itu tidak sebanding dengan risikonya.

Cara Memperbaiki Ban Yang Benar

Teknisi yang terlatih dan berkualifikasi harus memeriksa ban luar dan dalam. Jika ban dapat diperbaiki, ban tersebut harus ditambal dan dipasang dari dalam ke luar, bukan hanya dipasang dari luar ke dalam.

Perbaikan ban yang tepat akan memakan waktu sekitar 30 menit dan biaya sekitar 350 rb. Jika ban tidak dapat diperbaiki dengan aman, Kalian harus menggantinya. Membayar ban baru adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada membahayakan diri sendiri, penumpang, dan kendaraan Kalian.

Tips Merawat Ban Kendaraan yang Tepat

Berikut adalah beberapa cara lain untuk mempraktikkan perawatan ban yang benar:

  • Mintalah teknisi terlatih untuk menyeimbangkan roda Kalian setiap 15.000 mil.
  • Periksa keselarasan roda Kalian setahun sekali untuk memastikan kontrol kemudi.
  • Periksa ban cadangan Kalian secara teratur.
  • Perbaikan ban harus dilakukan di antara bahu permukaan, bukan di dinding samping.
  • Ban dapat diperbaiki jika ada satu perbaikan yang sudah ada sebelumnya, tetapi ban tidak dapat diperbaiki dengan aman untuk ketiga kalinya.
  • Jangan gunakan tabung atau sealant untuk memperbaiki ban.
  • Busi berbahan dasar tali/kain tidak boleh digunakan untuk menambal ban yang bocor.
  • Semua servis dan perbaikan ban harus sesuai dengan instruksi pabrik ban.

Perawatan ban penting

Merawat mesin mobil bisa memakan banyak waktu! Tetapi jika menyangkut keselamatan dan kinerja kendaraan, ban Kalian benar-benar berada di tempat karet memenuhi jalan, dan tanpa merawatnya, mobil Kalian tidak akan melaju kencang.

Roda mungkin merupakan salah satu penemuan manusia yang paling awal, tetapi menjaga agar ban modern tetap berfungsi tidak selalu sesederhana itu. Itulah mengapa hari ini kami akan membahas beberapa tips perawatan ban penting dalam panduan lengkap kami untuk perawatan ban!

Kapan sebaiknya Kalian mengganti ban?

Tidak ada yang bertahan selamanya, dan ban di kendaraan kami tentu saja tidak terkecuali! Mengganti ban Kalian adalah bagian rutin dari menjaga kendaraan Kalian dalam kondisi kerja. Tapi bagaimana Kalian tahu kapan Kalian seharusnya melakukan itu?

Keausan Permukaan ban

permukaan yang aus pada ban Kalian adalah salah satu indikator utama bahwa sudah waktunya untuk mendapatkan ban baru. permukaan pada ban Kalian adalah bagian berlekuk yang membungkus ban. Mereka berperan penting dalam membantu Kalian mempertahankan traksi di berbagai jenis jalan dan dalam berbagai kondisi cuaca seperti hujan, es, dan salju.

Seiring waktu, karet bisa menjadi keras dan retak, dan dengan penggunaan, permukaan secara alami akan aus. Hal ini dapat mempersulit Kalian untuk mengerem dan menangani kendaraan Kalian, dan dapat menyebabkan kempes atau pecah. Jadi, bagaimana Kalian tahu kapan ada cukup keausan pada permukaan ban Kalian sehingga perlu diganti? Ada beberapa metode!

  • Tes sen. Kemungkinan besar, Kalian memiliki sedikit uang receh di tempat cangkir di suatu tempat di mobil Kalian. Jika Kalian melakukannya (Kalian pasti melakukannya), ada tes sederhana yang dapat Kalian lakukan untuk memeriksa keausan ban Kalian. Ambil satu sen dan letakkan secara vertikal di antara alur permukaan pada ban dengan kepala Lincoln menghadap ke bawah. Kemudian, berlututlah sejajar dengan ban Kalian dan lihat berapa banyak uang yang tercakup. Jika kepala Lincoln benar-benar terlihat, maka permukaan Kalian terlalu aus dan kemungkinan Kalian membutuhkan ban baru.
  • Tes seperempat. Jika Kalian tidak memiliki satu sen pun, Kalian dapat melakukan tes serupa dengan seperempat. Mengikuti instruksi yang sama, lihat dan lihat apakah tapaknya menyentuh kepala Washington. Jika tidak, maka saatnya untuk melihat mengganti ban.
  • Batang keausan permukaan ban. Jika Kalian benar-benar tidak memiliki uang receh, atau jika Kalian hanya memiliki uang receh, semua ban harus dilengkapi dengan indikator keausannya sendiri, yang disebut “batang keausan permukaan ban”. Ini adalah potongan kecil karet yang tegak lurus dengan permukaan Kalian, dan biasanya dapat ditemukan di bagian bawah alur permukaan. Jika palang-palang ini sejajar dengan permukaan di sekitarnya, ini menunjukkan perlunya mengganti ban Kalian.

Ban Kempes

Jika ternyata ban Kalian benar-benar kempes, dan ada lubang raksasa di dalamnya, solusinya sederhana: Ganti ban. Namun, tidak semua ban kempes sama atau sejelas, dan cara Kalian menghadapinya tergantung pada bagaimana awalnya. Jika Kalian menduga ban Kalian bocor, ada beberapa cara untuk memastikannya.

Pertama, periksa ban apakah ada tanda-tanda yang jelas. Ini bisa berupa paku atau benda tajam lainnya yang menonjol dari ban. Meskipun paku di ban Kalian tidak selalu berarti bahwa itu telah melubangi ban dalam dan menyebabkan kebocoran, melepasnya biasanya merupakan ide yang baik.

Dengan tang atau palu cakar, lepaskan paku. Banyak ban akan mencoba dan menyegel sendiri, tetapi Kalian harus tetap memiliki steker. Kalian dapat mengemudi dengan paku di ban Kalian untuk jarak pendek, tetapi itu bisa berbahaya. Hanya menabrak trotoar atau gundukan bisa mendorong paku lebih jauh, dan mungkin menyebabkan ledakan.