Keamanan dan Pemeliharaan Ban

01 Keamanan dan Pemeliharaan BanKeamanan dan Pemeliharaan Ban, Ban Anda adalah satu-satunya bagian mobil yg bersentuhan langsung dengan jalan. Ban memengaruhi penanganan, pengendaraan, pengereman, dan keselamatan kendaraan Anda. Untuk kinerja yg optimal, ban harus mempunyai tekanan udara yg benar, kedalaman tapak, keseimbangan dan roda kendaraan harus disejajarkan dengan benar.

Memeriksa ban Anda secara teratur merupakan langkah penting dalam melindungi keselamatan Anda dan investasi otomotif Anda. Idealnya, pemeriksaan ban harus di laksanakan setiap bulan. Jika Anda mengemudi di atas lubang dan puing-puing di jalan, tinggal di iklim dingin, atau berkendara jarak jauh secara teratur, maka Anda harus lebih sering memeriksa ban Anda.

Selalu periksa ban Anda sebelum melakukan perjalanan jauh. Semakin sering pemeriksaan ini di laksanakan, semakin mudah untuk menemukan masalah kecil, seperti paku di ban Anda, dan memperbaikinya sebelum menjadi masalah yg lebih mahal dan memakan waktu.

Baca jgua: Perbedaan Jenis Ban Kendaraan

Keamanan dan Pemeliharaan Ban

Tanda Keausan Ban

Perawatan ban yg buruk bisa menyebabkan keausan dini, Keamanan dan Pemeliharaan Ban kempes atau bahkan pecah. Faktor selain ban itu sendiri juga bisa mempengaruhi Keamanan dan Pemeliharaan Ban. Bagian suspensi yg aus dan penyelarasan roda keduanya memainkan peran langsung dalam keausan dan kinerja ban.

Masalah Ban yg Harus Diperhatikan Selama Pemeriksaan Visual

  • Over inflasi: Terlalu banyak tekanan udara menyebabkan sebagian besar bagian tengah ban menyentuh jalan. Ini menciptakan keausan terutama di bagian tengah tapak, dengan sedikit keausan di tepi ban.
  • Di bawah inflasi: Terlalu sedikit tekanan udara menyebabkan sebagian besar tepi luar ban menyentuh jalan. Ini menciptakan keausan terutama pada kedua tepi tapak Keamanan dan Pemeliharaan Ban, dengan sedikit keausan di bagian tengah.
  • Keausan tapak pada salah satu tepi ban: Ini biasanya terjadi ketika roda tidak sejajar.
  • Keausan tapak yg tidak menentu: Ini sering disebut bekam, dan mungkin berarti roda tidak seimbang, atau peredam kejut atau komponen suspensi lainnya perlu diganti.
  • Bagian tapak atau dinding samping yg terangkat: bisa menunjukkan bahwa salah satu sabuk di karkas ban telah terlepas dari yg di sebelahnya.

Masalah Ban yg Harus Diperhatikan Saat Mengemudi

  • Getaran yg tidak biasa atau bunyi dentuman: Getaran atau bunyi dentuman bisa mengindikasikan ban yg tidak seimbang, ban dengan tapak yg rata karena mengunci roda dalam keadaan berhenti panik, atau ban dengan sabuk yg terpisah.
  • Tarikan ke satu sisi: Saat mengemudi dengan kecepatan tetap, menarik ke satu sisi mungkin menunjukkan ban yg kurang angin atau rusak di sisi mobil yg ditarik kendaraan. Jika hal ini tidak terjadi, masalah rem atau keselarasan roda yg buruk bisa menyebabkan tarikan.

Inspeksi Keamanan dan Pemeliharaan Tapak Ban

Ban bergantung pada kedalaman kondisi tapak yg baik untuk mempertahankan traksi dan untuk mengalirkan air di jalan yg basah. Tapak harus diperiksa setidaknya sebulan sekali untuk keausan yg berlebihan dan tidak merata. Pengukuran kedalaman tapak yg paling akurat di laksanakan dengan pengukur kedalaman tapak sederhana yg tersedia di toko suku cadang mana pun. Atau Anda bisa memakai tes seperempat dan sen tradisional.

Masukkan seperempat ke dalam alur tapak dengan bagian atas kepala Washington menghadap ke bawah. Jika bagian atas kepalanya tidak terlihat, ban Anda mempunyai tapak minimal 4/32” dan baik untuk digunakan terus menerus. Jika Anda bisa melihat di atas kepala Washington, inilah saatnya untuk mulai berbelanja ban baru. Lakukan pengukuran di tiga lokasi di sepanjang tapak Keamanan dan Pemeliharaan Ban:

  • sisi luar
  • pusat, dan
  • tepi dalam.

Uji sen di laksanakan dengan cara yg sama, kecuali jika Anda bisa melihat di atas kepala Lincoln ban Anda mempunyai tapak kurang dari 2/32″, yg berada di bawah minimum legal dan menyebabkan penggantian segera. Ban yg aus hingga tingkat ini juga akan mempunyai indikator keausan yg terlihat (strip botak tipis) yg berjalan dari sisi ke sisi melintasi dua atau lebih segmen tapak.

Pentingnya Ukuran Roda

Perbedaan antara 4/32″ dan 2/32″ dari kedalaman tapak mungkin tidak terlihat banyak, tetapi berdasarkan penelitian oleh Tire Rack, penguji ban independen terbesar di Amerika, perbedaannya signifikan. Misalnya, sebuah truk pikap yg melaju dengan kecepatan 70 mil per jam yg lolos uji sen bisa menempuh jarak hingga 499,5 kaki untuk berhenti di trotoar basah . Namun, truk yg sama mempunyai jarak berhenti 122 kaki lebih pendek jika melewati uji seperempat. Ini adalah perbedaan 24 persen dalam jarak berhenti, dan setara dengan enam atau lebih panjang mobil.

The Tire Rack juga melaporkan bahwa ban yg lulus uji kuartal menunjukkan cengkeraman yg lebih baik di jalan dalam kondisi mengemudi lainnya juga. Mengingat fakta-fakta ini, AAA menyarankan Anda memasukkan uang itu kembali ke celengan Anda dan sebagai gantinya memakai seperempat untuk memeriksa keausan ban dan menentukan kapan saatnya untuk penggantian.

Inspeksi Inflasi Ban

Menjaga tekanan angin ban Anda dengan benar adalah salah satu cara termudah untuk membantu menjaga jarak tempuh yg baik dan memperpanjang umur Keamanan dan Pemeliharaan Ban Anda. Periksa tekanan ban mobil Anda setidaknya sebulan sekali dengan pengukur kualitas, yg mengukur tekanan dalam pound per inci persegi (psi). Tiga jenis pengukur tekanan ban tersedia di sebagian besar toko suku cadang mobil: jenis digital, dial, dan pen/stick. Desain digital dan dial cenderung lebih akurat dan lebih mudah dibaca, meskipun pen/stick gauge yg baik juga bisa digunakan. Pengukur tekanan yg dipasang di selang udara di pompa bensin sering disalahgunakan dan seringkali tidak akurat.

Tekanan ban yg disarankan adalah untuk ban dingin. Oleh sebab itu, tekanan ban harus diperiksa pada suhu lingkungan sebelum kendaraan dikemudikan. Memeriksa tekanan ban pada mobil yg mempunyai ban hangat bisa menghasilkan pembacaan tekanan hingga 5 psi lebih tinggi dari tekanan yg disarankan. Tekanan inflasi yg direkomendasikan untuk ban mobil Anda bisa ditemukan di manual pemilik kendaraan atau pada stiker informasi ban yg terpasang pada kusen pintu pengemudi. Pada mobil yg lebih tua, stiker mungkin ada di kotak sarung tangan atau di dalam pintu pengisi bahan bakar.

Memeriksa Tekanan Udara

  1. Lepas tutup klep ban.
  2. Tempatkan pengukur di atas batang katup ban dan tekan dengan kuat sehingga tidak ada udara yg keluar. Pengukur ban akan menunjukkan berapa banyak tekanan di ban.
  3. Sesuaikan tekanan angin ban sesuai kebutuhan. Saat menambahkan udara, dorong selang udara ke dalam katup dengan kuat, sampai udara berhenti keluar. Periksa tekanan setiap beberapa detik untuk membantu menilai jumlah udara yg masuk ke ban, hingga Anda mencapai tekanan udara yg disarankan. Jika tekanan ban lebih besar dari yg seharusnya, gunakan puting pada pengukur ban untuk menekan bagian tengah batang katup ban dan melepaskan udara.
  4. Pasang kembali tutup katup.
  5. Ulangi proses untuk ban lainnya. Jangan lupa ban serep.

Perawatan Ban

Ada beberapa prosedur perawatan ban yg harus di laksanakan oleh ahli perbaikan otomotif karena memerlukan alat dan pengetahuan khusus. Namun, memahami prosedur ini akan membantu Anda merasa lebih percaya diri dalam berurusan dengan penyedia perbaikan.

Rotasi Ban

Ban di bagian depan dan belakang kendaraan beroperasi pada beban yg berbeda dan melakukan fungsi kemudi dan pengereman yg berbeda, menghasilkan pola keausan yg tidak sama. Untuk mendapatkan masa pakai dan kinerja maksimal dari ban Anda, penting untuk memutar ban kendaraan Anda.

Lihat manual pemilik kendaraan Anda untuk rekomendasi jarak tempuh. Biasanya rotasi ban di laksanakan antara 5.000 dan 7.000 mil. Umum pada mobil performa adalah ban yg dirancang untuk berputar ke arah tertentu; ini hanya bisa diputar dari depan ke belakang, dan jika ukuran ban berbeda digunakan pada as roda depan dan belakang, rotasi tidak bisa di laksanakan.

Penyeimbangan Ban

Ban yg diseimbangkan dengan benar membantu meminimalkan keausan yg tidak merata dan memperpanjang umurnya. Saat ban dalam keadaan seimbang, beban kecil dipasang pada roda untuk membatasi getaran ban dan roda saat berputar. Ban yg baru dipasang harus diseimbangkan, dan setelah itu setiap kali ada getaran. Penyeimbangan juga diperlukan setiap kali ban dilepas dari roda, misalnya untuk memperbaiki tusukan.

Keselarasan Roda

Keselarasan roda adalah pengukuran posisi roda dibandingkan dengan spesifikasi yg direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan. Setiap kendaraan mempunyai pengaturan penyelarasan roda tertentu. Jika pengukuran keselarasan berada di luar kisaran yg ditentukan, keausan ban yg tidak merata bisa terjadi. Penanganan kendaraan bisa terpengaruh dan penghematan bahan bakar bisa dikurangi.

Anda harus memeriksa dan menyetel keselarasan roda saat ban baru dipasang, dan setelah itu setiap saat jika ditemukan karakteristik kemudi yg tidak biasa. Roda kendaraan disejajarkan dengan benar ketika mobil akan melaju di jalan lurus tanpa hanyut atau menarik ke kedua sisi. Penyimpangan atau tarikan bisa disebabkan oleh masalah selain hanya penyelarasan, jadi pemeriksaan menyeluruh harus di laksanakan oleh bengkel yg berkualifikasi untuk menentukan sifat sebenarnya dari masalah sebelum penyelarasan di laksanakan.

Menghabiskan beberapa menit dengan ban Anda setiap bulan bisa membantu melindungi keluarga Anda. Meningkatkan kinerja kendaraan Anda, dan memperpanjang umur Keamanan dan Pemeliharaan Ban Anda.